Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan

Konten [Tampil]

 

Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan

Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan - Seragam Pramuka adalah pakaian yang pastinya umum digunakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka di Indonesia. Warna dasarnya sendiri dari seragam Pramuka yaitu coklat muda dan coklat tua.

Para pejuang Indonesia pada saat masa perang kemerdekaan melawan penjajah, memakai warna tersebut. Hal itulah yang membuat warna coklat dipilih sebagai warna dasar baju pramuka.

Seragam Pramuka berfungsi sebagai sarana pendidikan dan juga identitas untuk para anggota pramuka untuk meningkatkan citra pada Gerakan Pramuka.

Sedangkan tujuan pemakaian Seragam Pramuka yaitu agar anggota yang memakainya bisa mempunyai akhlak sesuai dengan Satya dan Darma Pramuka, jiwa korsa dan disiplin.

Dalam memakai seragam pramuka perempuan, ada juga peralatan khusus yang harus dipakai. Mulai dari perlengkapan seperti topi, setengan leher atau hasduk, tanda badge, dan lainnya.

Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan Siaga (SD)

Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan Siaga

Baca juga : Pemasangan Atribut Pramuka SD Siaga

Bentuk dan pemakaian peralatan pada seragam pramuka siaga adalah sebagai berikut :

1. Tanda Tutup Kepala

Berbentuk lingkaran untuk siaga putri dengan warna dasar hijau dan ipasang pada topi pramuka di bagian depan.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Berwarna dasar ungu, untuk siaga putri berbentuk lingkaran dan dipasang pada leher kerah baju sebelah kanan.

3. Tanda Pelantikan

Berwarna dasar coklat tua, untuk siaga putri berbentuk lingkaran, di pasang di leher kerah baju sebelah kiri.

4. Papan Nama

Berwarna dasar coklat muda, pramuka putri dipasang di dada sebelah kanan tepatnya di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).

5. Tanda Lokasi

Berisi nama kwartir cabang wilyah Kabupaten/Kota anggota pramuka tinggal dan dipasang di lengan baju sebelah kanan dibagian paling atas.

6. Tanda Gugus depan

Berisi nomor gugus depan di mana anggota pramuka tersebut bergabung dan dipasang di lengan baju sebelah kanan tepatnya di bawah Tanda Lokasi Kwarcab.

7. Lencana / Badge Daerah

Berisi lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tersebut tinggal dan dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kanan tepatnya di bawah Tanda Gudep.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK)

Berbentuk segitiga terbalik dan dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 TKK. Selebihnya dipasang di (selendang) TKK.

9. Tanda Jabatan

Yaitu tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangan atribut ini di dada sebelah kanan tepatnya di bawah lipatan baju.

10. Tanda Barung

Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya dan dipasang di lengan baju sebelah kiri dibagian paling atas.

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga

Terdiri dari tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju sebelah kiri  tepatnya di bawah tanda barung.

Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan Penggalang (SMP)

Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan Penggalang

Baca juga : Pemasangan Atribut Pramuka SMP Penggalang

Bentuk dan pemakaian peralatan pada seragam pramuka penggalang adalah sebagai berikut:

1. Tanda Tutup Kepala

Berbentuk lingkaran untuk putri dengan warna dasar merah dan dipasang pada topi pramuka bagian depan.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Berwarna dasar ungu, berbentuk lingkaran dan di pasang dikerah baju sebelah kanan.

3. Tanda Pelantikan

Berwarna dasar coklat tua dan di pasang pada kerah baju sebelah kiri.

4. Papan Nama

Berwarna dasar coklat muda dan dipasang pada dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).

5. Tanda Lokasi Kwarcab 

Berisi nama kwartir cabang wilayah Kabupaten/Kota anggota pramuka tinggal dan dipasang pada lengan baju sebelah kanan tepatnya paling atas.

6. Tanda Gugus depan

Berisi nomor gugus depan di mana anggota pramuka bergabung dan dipasang di lengan baju sebelah kanan tepatnya di bawah Tanda wilayah Lokasi Kwarcab. Untuk penggalang putri nomor gudepnya genap.

7. Lencana / Badge Daerah

Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tersebut tinggal. Dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kanan tepatnya dibawah Tanda Gudep.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang

Terdiri dari tiga bentuk sesuai dengan tingkatan TKK, yaitu lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana atau Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah. Selebihnya dipasang pada tetampan TKK.

9. Tanda Jabatan

Terdiri dari tanda Pratama, Pemimpin Regu, atau Wakil Pemimpin Regu memiliki bentuk balok berwarna merah bersusun tiga, dua, dan satu. Pemasangan atribut pramuka di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

10. Tanda Regu

Berbentuk persegi dengan gambar sesuai dengan nama regunya dan dipasang pada lengan baju bagian kiri paling atas.

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang

Terdiri dari tiga tingkatan yaitu Ramu, Rakit, dan Terap. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju pramuka sebelah kiri, tepatnya dibawah tanda regu.

Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan Penegak (SMA)

Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan Penegak

Baca juga : Pemasangan Atribut Pramuka SMA Penegak dan Pandega

Bentuk dan pemakaian peralatan pada seragam pramuka penegak dan pandega adalah sebagai berikut :

1. Tanda Tutup Kepala

Berbentuk lingkaran untuk putri dengan warna dasar kuning dan dipasang pada topi pramuka bagian depan.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Berwarna dasar ungu dan dipasang pada kerah baju sebelah kanan.

3. Tanda Kecakapan Umum (TKU) penegak dan pandega

Berbentuk trapesium dan bergambar sepasang tunas kelapa dan tulisan BANTARA, LAKSANA, atau PANDEGA dan dipasang pada pundak dengan dilekatkan pada lidah baju kanan dan kiri.

4. Tanda Pelantikan

Berwarna dasar coklat tua dan dipasang pada kerah baju sebelah kiri.

5. Papan Nama

Berwarna dasar coklat muda dan dipasang di dada sebelah kanan.

6. Tanda Lokasi Kwarcab

Berisi nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal dan dipasang pada lengan baju sebelah kanan, paling atas. Khusus penegak dan pandega yang menjadi Dewan Kerja Daerah (DKD) dan Dewan Kerja Nasional (DKN) tidak menggunakan tanda ini.

7. Tanda Gugus depan

Berisi nomor gugus depan di mana anggota pramuka penegak bergabung dan dipasang pada lengan baju sebelah kanan, tepatnya di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk putri nomor gudepnya genap. Khusus untuk pramuka penegak dan pandega yang menjadi dewan kerja (DKC, DKD, atau DKN) tidak menggunakan tanda ini.

8. Lencana Wilayah / Badge Daerah

Berisi lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka penegak tinggal dan dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep. Khusus penegak dan pandega yang menjadi Dewan Kerja Nasional, lencana wilayah yang dipakai yaitu gambar garuda pancasila dengan tulisan "INDONESIA".

9. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penegak dan pandega

Terdiri tiga bentuk sesuai tingkatan TKK, yaitu lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama) dan dipasang pada lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK pada lengan baju maksimal 5 buah TKK. Selebihnya dipasang di tetampan TKK.

10. Tanda Jabatan

Terdiri dari tanda Pradana, Pemimpin Sangga, dan Wakil Pemimpin Sangga, dengan bentuk balok yang memiliki warna merah bersusun tiga, dua, dan satu. Juga lencana Dewan Kerja. Pemasangan atribut di dada sebelah kanan.

11. Tanda Sangga

Berbentuk persegi dan gambar yang sesuai dengan nama sangganya dan dipasang pada lengan baju sebelah kiri paling atas tepatnya di atas tanda ambalan.

Tanda Ambalan : Bentuk dan warna sesuai keputusan ambalan masing-masing dan dipasang pada lengan baju sebelah kiri tepatnya di bawah tanda sangga.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memakai Peralatan Pramuka Perempuan"