Cara Memakai Tambang Pramuka dan Perlengkapan Lainnya

Konten [Tampil]

 

Cara Memakai Tambang Pramuka

Cara Memakai Tambang Pramuka dan Perlengkapan Lainnya - Seperti tali temali, mengenali sandi, baris berbaris, dan mendirikan tenda. Kenapa harus di peringati? Praja Muda Karana atau Pramuka ini sangat istimewa. Pramuka ternyata juga berperan penting dalam berdirinya pergerakan nasional di Tanah air kita.

Pramuka ini menjadi salah satu organisasi nonformal yang mengadakan pendidikan kepanduan untuk masyarakat Indonesia, khususnya bagi para pelajar atau pemuda pemudi Indonesia.

Cara Memakai Tambang Pramuka dan Perlengkapan Lain

Dalam pramuka sendiri wajib diajarkan bagaimana cara bertahan hidup di alam, berkreasi, mengeasah kemampuan, kerjasama dan kepemimpinan.

Sehingga mereka yang mengikuti kegiatan kepramukaan, akan selalu membawa beberapa barang penting yang bisa membantu mereka. Anda bisa melihat lebih lengkap cara pemakaian perlengkapannya di artikel Cara memakai alat pramuka lengkap.

1. Topi atau baret

Ada beberapa macam topi pramuka. Ada yang berwarna kuning cerah, ada juga yang berwarna coklat empuk yang lembut biasa dikenal baret, ada yang coklat kaku, ada juga yang berbentuk topi pet.

Topi yang dipakai dibedakan berdasarkan putra dan putri. Ada juga berbeda antar tingkat mulai dari siaga, penggalang hingga penegak.

2. Peluit

Peluit juga barang wajib yang harus dibawa. Anda pasti tahu jika kebanyakan kegiatan pramuka selalu berhubungan dengan lingkungan alam sekitar, aktivitas di luar ruangan outdoor, dan pergi kemah ke alam bebas? Nah, peluit ini wajib banget dibawa.

Selain buat sandi morse, peluit juga dibutuhkan saat penjelajahan. Kalau ada apa-apa, kamu bisa meniup peluit dan pembimbing akan segera datang. Peluit sendiri dipasang pada lengan kiri digantung di tali kur.

3. Tali tambang warna putih

Cara memakai tambang pramuka yaitu dipasang di sebelah kiri seragam pramuka. Lebih tepatnya, pada bagian sabuk sebelah kiri. Anak pramuka wajib membawa tali tambang warna putih ini.

Biasanya diajarkan oleh pembina untuk membentuk bermacam-macam simpul, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Tali tambang ini juga berfungsi pada saat kemah dan mendirikan tenda.

4. Buku saku pramuka

Buku saku yang menjadi pegangan anggota pramuka. Informasi di dalam buku ini juga sangat penting, salah satunya yaitu daftar abjad untuk sandi morse dan cara membunyikannya.

Misalnya pembunyian pendek untuk gambar titik dan panjang untuk gambar garis lurus. Ada catatan untuk menulisnya juga.

5. Hasduk

Ini menjadi bagian inti dari seragam pramuka lo. Hasduk ini bisa dimodel sesuai dengan kebutuhan. Bisa dijadikan hasduk biasa seperti ditali di depan dan biarkan bagian lain di belakang, ada juga yang dibikin kepang. Untuk cara pemasangan hasduk, Anda bisa melihat pada artikel Cara memakai kacu pramukaputri dan putra.

6. Tanda 'pengenal' dan lencana

Tentu saja ini enggak boleh lupa. Lambang, tanda pengenal atau bet ini dipasang di seragam pramuka kita. Tanda pengenalnya seperti nama, nama regu, sekolah, dan beberapa keterangan penting lainnya. Untuk lebih jelasnya baca penjelasannya di sini pemasangan atribut pramuka.

7. Tongkat pramuka

Setiap kegiatan pramuka, tidak boleh lupa untuk membawa tongkat pramuka. Tongkat ini akan sangat berguna pada saat mengadakan kemah dan mendirikan tenda. Biasanya tongkat ini dibawa beserta dengan kain yang merupakan bendera regu yang diikat di bendera.

Tongkat biasanya juga digunakan untuk membuat pionering pramuka, contohnya pionering kaki tiga, rak sepatu, rak piring dan masih banyak lagi.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Cara Memakai Tambang Pramuka dan Perlengkapan Lainnya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memakai Tambang Pramuka dan Perlengkapan Lainnya"