Cara Memasang Atribut Pramuka Sd Putra

Konten [Tampil]

 

Cara Memasang Atribut Pramuka Sd Putra

Cara Memasang Atribut Pramuka Sd Putra - Pemasangan atribut atau tanda pengenal pada seragam pramuka untuk anggota pramuka siaga putra. Berbagai macam atribut pramuka sd harus dipasang pada pakaian seragam pramuka mereka.

Mungkin ada 10 atribut pramuka sd mulai dari tanda tutup topi, tanda pelantikan dan WOSM (pandu dunia), papan nama, tanda lokasi, gudep, dan badge wilayah. Ada juga tanda barung dan TKU (Tanda Kecakapan Umum), dan TKK (Tanda Kecakapan Khusus).

Baca juga : Pasang Atribut Pramuka Sd

Cara Memasang Atribut Pramuka Sd Putra      

Letak atribut tersebut ada yang sama antara pramuka siaga putri dan putra, akan tetapi ada juga beberapa atribut yang bentuk dan tempat pemasangan berbeda.

Pemasangan tersebut akan kami ulas dan uraikan pada pembahasan di bawah ini.

  • Tanda Tutup Kepala : Berbentuk jajar genjang untuk putra, dengan warna dasar hijau dan ipasang pada topi pramuka di bagian depan.
  • Tanda Pandu Dunia (WOSM) : Berwarna dasar ungu, berbentuk persegi dan dipasang di dada tepatnya di atas papan nama sebelah kanan.
  • Tanda Pelantikan : Berwarna dasar coklat tua dan dipasang di dada sebelah kiri tepatnya di bawah lipatan baju.
  • Papan Nama : Berwarna dasar coklat muda dan dipasang di dada sebelah kanan tepatnya di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  • Tanda Lokasi Kwarcab : Memuat nama kwartir cabang wilyah Kabupaten/Kota anggota pramuka tinggal dan dipasang di lengan baju sebelah kanan dibagian paling atas.
  • Tanda Gugus depan : Berisi nomor gugus depan di mana anggota pramuka bergabung, dipasang di lengan baju sebelah kanan tepatnya di bawah Tanda Lokasi Kwarcab.
  • Lencana / Badge Daerah : Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tersebut tinggal. Dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kanan tepatnya di bawah Tanda Gudep.
  • Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga : Berbentuk segitiga terbalik, dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 TKK. Jika lebih banyak TKK, selebihnya dipasang di (selendang) TKK.
  • Tanda Jabatan : Yaitu tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangan atribut ini di dada sebelah kanan tepatnya di bawah lipatan baju.
  • Tanda Barung : Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya dan dipasang di lengan baju sebelah kiri dibagian paling atas.
  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga : Terdiri dari tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju sebelah kiri  tepatnya di bawah tanda barung.        

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Cara Memasang Atribut Pramuka Sd Putra. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memasang Atribut Pramuka Sd Putra"