Pemasangan Atribut Pramuka SD Siaga

Konten [Tampil]

 

Pemasangan Atribut Pramuka SD Siaga

Pemasangan Atribut Pramuka SD Siaga - Pemasangan atribut atau tanda pengenal pada seragam pramuka untuk anggota pramuka siaga. Berbagai macam atribut pramuka sd harus dipasang pada pakaian seragam pramuka siaga.

Mungkin ada 10 atribut pramuka siaga mulai dari tanda tutup topi, tanda pelantikan dan WOSM (pandu dunia), papan nama, tanda lokasi, gudep, dan badge wilayah. Ada juga tanda barung dan TKU (Tanda Kecakapan Umum), dan TKK (Tanda Kecakapan Khusus).

Letak atribut tersebut ada yang sama antara pramuka siaga putri dan putra, akan tetapi ada juga beberapa atribut yang bentuk dan tempat pemasangan berbeda. Pemasangan tersebut akan kami bahas dan uraikan pada pembahasan di bawah ini.

Baca juga : Pemasangan Atribut Pramuka SMP Penggalang

Gambar Atribut Pramuka Siaga

Sebelum menuju ke pembahasan lebih lanjut, simak terlebih dahulu gambar pemasangan atribut di seragam pramuka sd untuk pramuka siaga putri dan putra, sebagai berikut :

1. Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putri

Semua atribut atau tanda pengenal yang ada diatas pada anggota pramuka Siaga putri di pasang seperti gambar berikut ini :

Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putri

Penjelasan tentang pemasangan setiap atribut pramuka diatas diuraikan pada keterangan di bagian bawah artikel.

2. Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putra

Semua atribut atau tanda pengenal yang ada diatas pada anggota pramuka Siaga putra di pasang seperti gambar berikut ini :

Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putra


Penjelasan tentang pemasangan setiap atribut pramuka diatas diuraikan pada keterangan di bagian bawah artikel.

Pemasangan Atribut Pramuka Siaga

Bentuk dan pemasangan atribut pada seragam pramuka siaga adalah sebagai berikut :

  • Tanda Tutup Kepala : Berbentuk lingkaran untuk siaga putri dan jajar genjang untuk putra, dengan warna dasar hijau. Dipasang pada topi pramuka di bagian depan.
  • Tanda Pandu Dunia (WOSM) : Berwarna dasar ungu, untuk siaga putri berbentuk lingkaran, dipasang pada leher kerah baju sebelah kanan. Sedangkan untuk putra berbentuk persegi, dipasang di dada tepatnya di atas papan nama sebelah kanan.
  • Tanda Pelantikan : Berwarna dasar coklat tua, untuk siaga putri berbentuk lingkaran, di pasang di leher kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk putra dipasang di dada sebelah kiri tepatnya di bawah lipatan baju.
  • Papan Nama : Berwarna dasar coklat muda, pramuka putra dan putri dipasang di dada sebelah kanan tepatnya di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  • Tanda Lokasi Kwarcab : Memuat nama kwartir cabang wilyah Kabupaten/Kota anggota pramuka tinggal. Baik putra atau putri dipasang di lengan baju sebelah kanan dibagian paling atas.
  • Tanda Gugus depan : Berisi nomor gugus depan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra atau putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan tepatnya di bawah Tanda Lokasi Kwarcab.
  • Lencana / Badge Daerah : Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tersebut tinggal. Dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kanan tepatnya di bawah Tanda Gudep.
  • Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga : Berbentuk segitiga terbalik, Untuk putra dan putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 TKK. Jika memiliki lebih banyak TKK, selebihnya dipasang di (selendang) TKK.
  • Tanda Jabatan : Yaitu tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangan atribut ini di dada sebelah kanan tepatnya di bawah lipatan baju.
  • Tanda Barung : Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. Untuk putri dan putra dipasang di lengan baju sebelah kiri dibagian paling atas.
  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga : Terdiri dari tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju sebelah kiri  tepatnya di bawah tanda barung.

Selain atribut pramuka siaga putra dan putri sebagaimana tersebut di atas, pakaian seragam pramuka pun bisa dipasangi tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan), lencana dan tanda pramuka garuda, dan juga tanda perhargaan lainnya.

Lencana pramuka garuda berbentuk mendali dengan pitanya dikalungkan pada leher bersama dengan setangan atau kacu leher pramuka. Tanda pramuka garuda, dan tanda penghargaan misalnya bintang tahunan dipakai di dada baju sebelah kiri, di atas lipatan baju. Sedangkan tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan) dipasang sesuai dengan ketentuan tiska itu.

Baca juga : Cara Memakai Scarf Pramuka Dileher

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Pemasangan Atribut Pramuka SD Siaga . Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Pemasangan Atribut Pramuka SD Siaga"