Pemasangan Atribut Pramuka SMP Penggalang

Konten [Tampil]

 

Pemasangan Atribut Pramuka SMP Penggalang

Pemasangan Atribut Pramuka SMP Penggalang - Tanda pengenal atau biasa disebut juga dengan atribut yaitu barang yang dipasang di pakaian seragam pramuka, termasuk pakaian seragam pramuka penggalang. Pemasangan atribut tersebut pastinya menggunakan aturan dan tata cara khusus.

Berbagai atribut atau tanda pengenal yang dipasang di pakaian anggota pramuka penggalang baik putra dan putri adalah : atribut tutup kepala, tanda WOSM (pandu dunia), tanda pelantikan, dan atribut papan nama.

Juga atribut tanda lokasi, gudep, dan badge wilayah. Tanda regu, Tanda Kecakapan Umum Penggalang (manggar), Tanda Kecakapan Khusus (TKK), dan tanda pratama, pemimpin regu, maupun wakil pemimpin regu.

Baca juga : Pemasangan Atribut Pramuka SD Siaga

Gambar Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Putra

Semua atribut atau tanda pengenal yang ada diatas pada anggota pramuka penggalang putra di pasang seperti gambar berikut ini :

Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Putra

Penjelasan tentang pemasangan setiap atribut pramuka diatas diuraikan pada keterangan di bagian bawah artikel.

Baca juga : Cara Memakai Scarf Pramuka Dileher

Gambar Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Putri

Sedangkan untuk cara memasang atribut pada pakaian seragam pramuka pramuka penggalang putri adalah seperti gambar berikut ini :

Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Putra

Penjelasan tentang pemasangan setiap atribut pramuka diatas diuraikan pada keterangan di bagian bawah artikel.

Pemakaian Atribut Pramuka SMP Penggalang

Bentuk dan tata cara pemasangan atribut untuk pramuka penggalang putra dan putri adalah sebagai berikut :

  • Tanda Tutup Kepala : Berbentuk lingkaran untuk (putri) dan segi delapan untuk (putra) dengan warna dasar merah. Untuk penggalang putri dipasang pada topi pramuka bagian depan sedangkan untuk untuk penggalang putra di samping kiri pada kabaret pramuka.
  • Tanda Pandu Dunia (WOSM) : Berwarna dasar ungu, untuk penggalang putri berbentuk lingkaran dan di pasang dikerah baju sebelah kanan. Sedangkan untuk putra berbentuk persegi dan dipasang di dada tepatnya di atas papan nama sebelah kanan.
  • Tanda Pelantikan : Berwarna dasar coklat tua, untuk pramuka putri berbentuk lingkaran, di pasang pada kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk putra dipasang di dada sebelah kiri tepatnya dibawah lipatan baju.
  • Papan Nama : Berwarna dasar coklat muda, baik penggalang putra dan putri dipasang pada dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  • Tanda Lokasi Kwarcab : Memuat nama kwartir cabang wilayah Kabupaten/Kota anggota pramuka tinggal. Baik anggota pramuka putra atau putri dipasang pada lengan baju sebelah kanan tepatnya paling atas.
  • Tanda Gugus depan : Untuk memuat nomor gugus depan di mana anggota pramuka bergabung. Dipasang pada lengan baju sebelah kanan, tepatnya di bawah Tanda wilayah Lokasi Kwarcab. Untuk penggalang putri nomor gudepnya genap dan untuk putra bernomor ganjil.
  • Lencana / Badge Daerah : Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tersebut tinggal. Dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kanan tepatnya dibawah Tanda Gudep.
  • Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang : Terdiri dari tiga bentuk sesuai dengan tingkatan TKK, yaitu lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Baik pada putra atau putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana atau Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang pada tetampan TKK.
  • Tanda Jabatan : Terdiri dari tanda Pratama, Pemimpin Regu, atau Wakil Pemimpin Regu memiliki bentuk balok berwarna merah bersusun tiga, dua, dan satu. Pemasangan atribut pramuka ini di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
  • Tanda Regu : Berbentuk persegi dengan gambar sesuai dengan nama regunya. Baik pada pramuka penggalang putri atau putra dipasang pada lengan baju bagian kiri paling atas.
  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang : Terdiri dari tiga tingkatan yaitu Ramu, Rakit, dan Terap. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju pramuka sebelah kiri, tepatnya dibawah tanda regu.

Selain tanda atau atribut pramuka sebagaimana yang ada di atas, seorang pramuka penggalang bisa juga memasang tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan), lencana, tanda pramuka garuda, tanda perhargaan lainnya.

Baca juga : Pemasangan Bet Pramuka Sd Siaga Putra Dan Putri

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Pionering Pramuka : Pengertian, Tujuan, dan Contoh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Pemasangan Atribut Pramuka SMP Penggalang"