Pemasangan Atribut Pramuka SMA Penegak dan Pandega

Konten [Tampil]

 

Pemasangan Atribut Pramuka SMA Penegak dan Pandega

Pemasangan Atribut Pramuka SMA Penegak dan Pandega - Pembahasan selanjutnya yaitu tentang pemasangan atribut atau tanda pengenal untuk pramuka penegak dan pramuka pandega.

Sama halnya dengan pramuka siaga dan pramuka penggalang, berbagai atribut pramuka terpasang pada pakaian seragam pramuka penegak dan pandega baik penegak putra atau putri.

Dalam pemasangannya ada beberapa tanda pengenal atau atribut pramuka yang dipasang sama seperti pramuka siaga dan penggalang. Namun pastinya ada juga yang berbeda. Begitu juga dengan pemasangan atribut pramuka penegak dan pandega putra dan putri.

Cara memasang dan memakai atribut (tanda pengenal) tersebut akan kita bahas tuntas.

Baca juga : Pemasangan Atribut Pramuka SMP Penggalang

Gambar Pemasangan Atribut Pramuka Penegak dan Pandega Putra

Pemasangan atribut pramuka pada pakaian seragam pramuka untuk pramuka penegak dan pandega putra seperti gambar berikut ini :

Pemasangan Atribut Pramuka Penegak dan Pandega Putra
Pemasangan Atribut Pramuka Penegak dan Pandega Putra

Penjelasan tentang tata cara dan letak pemasangan masing-masing atribut pramuka  penegak diuraikan di keterangan di bagian bawah artikel ini.

Gambar Pemasangan Atribut Pramuka Penegak dan Pandega Putri

Antara putra dan putri terdapat atribut yang pemasangannya sama dan ada juga yang berbeda. Pemasangan atribut pramuka pada pakaian seragam pramuka untuk penegak dan pandega putri seperti gambar berikut ini :

Pemasangan Atribut Pramuka Penegak dan Pandega Putri
Pemasangan Atribut Pramuka Penegak dan Pandega Putri

Penjelasan tentang tata cara dan letak pemasangan atribut diuraikan di keterangan di bagian bawah artikel ini.

Baca juga : Pemasangan Atribut Pramuka SD Siaga

Pemasangan Atribut Pramuka Penegak dan Pandega

Bentuk dan tata cara pemasangan atribut untuk pramuka penegak dan pandega adalah sebagai berikut :

  • Tanda Tutup Kepala : Berbentuk lingkaran untuk putri dan segi delapan untuk putra dengan warna dasar kuning. Pada pramuka putri dipasang pada topi pramuka bagian depan sedangkan untuk putra pada samping kiri kabaret pramuka.
  • Tanda Pandu Dunia (WOSM) : Berwarna dasar ungu, untuk penegak putri berbentuk lingkaran, dipasang pada kerah baju sebelah kanan. Sedangkan untuk putra berbentuk persegi, dipasang pada dada sebelah kanan, tepatnya di atas papan nama.
  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) penegak dan pandega : Berbentuk trapesium dan bergambar sepasang tunas kelapa dan tulisan BANTARA, LAKSANA, atau PANDEGA. Dipasang pada pundak dengan dilekatkan pada lidah baju kanan dan kiri baik pada pramuka penegak putri atau putra.
  • Tanda Pelantikan : Berwarna dasar coklat tua, untuk penegak putri berbentuk lingkaran, dipasang pada kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri tepatnya pada lipatan saku baju.
  • Papan Nama : Berwarna dasar coklat muda, Baik penegak putra atau putri dipasang di dada sebelah kanan. Untuk putra tepatnya di antara saku baju dan tanda pandu dunia (WOSM).
  • Tanda Lokasi Kwarcab : Berisi nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Untuk putra dan putri dipasang pada lengan baju sebelah kanan, paling atas. Khusus penegak dan pandega yang menjadi Dewan Kerja Daerah (DKD) dan Dewan Kerja Nasional (DKN) tidak menggunakan tanda ini.
  • Tanda Gugus depan : Memuat nomor gugus depan di mana anggota pramuka penegak bergabung. Untuk putra dan putri dipasang pada lengan baju sebelah kanan, tepatnya di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk putri nomor gudepnya genap dan untuk putra nomornya ganjil. Khusus untuk pramuka penegak dan pandega yang menjadi dewan kerja (DKC, DKD, atau DKN) tidak menggunakan tanda ini.
  • Lencana Wilayah / Badge Daerah : Berisi lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka penegak tinggal. Dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep. Khusus penegak dan pandega yang menjadi Dewan Kerja Nasional, lencana wilayah yang dipakai yaitu gambar garuda pancasila dengan tulisan "INDONESIA".
  • Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penegak dan pandega : Terdiri tiga bentuk sesuai tingkatan TKK, yaitu lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Untuk putra dan putri dipasang pada lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK pada lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki lebih dari lima selebihnya dipasang di tetampan TKK.
  • Tanda Jabatan : Terdiri dari tanda Pradana, Pemimpin Sangga, dan Wakil Pemimpin Sangga, dengan bentuk balok yang memiliki warna merah bersusun tiga, dua, dan satu. Juga lencana Dewan Kerja. Pemasangan atribut di dada sebelah kanan, pada pramuka putra tepat di lipatan pada saku baju.
  • Tanda Sangga : Berbentuk persegi dan gambar yang sesuai dengan nama sangganya. Baik pada penegak putri atau putra dipasang pada lengan baju sebelah kiri paling atas tepatnya di atas tanda ambalan.
  • Tanda Ambalan : Bentuk dan warna sesuai keputusan ambalan masing-masing. Baik pada penegak putri atau putra dipasang pada lengan baju sebelah kiri tepatnya di bawah tanda sangga.

Selain atribut pramuka diatas tersebut di atas, seorang pramuka penegak dan pandega jika memiliki, juga bisa memasang tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan), lencana tanda pramuka garuda, dan tanda perhargaan lain pada seragam pramuka.

Tanda pramuka garuda dan tanda penghargaan misalnya bintang tahunan dipakai pada dada baju sebelah kiri untuk pramuka putra di atas saku.

Lencana pramuka garuda memiliki bentuk mendali dengan pitanya dan dikalungkan pada leher bersama dengan setangan leher pramuka.

Tanda mengikuti kegiatan (tiska) dipasang sesuai dengan ketentuan tiska tersebut.

Khusus untuk pramuka penegak yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka, pemasangan tanda ambalan diganti dengan bagde saka, tanda sangga diganti dengan tanda krida, dan tidak mengenakan tanda gugus depan.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Pemasangan Atribut Pramuka SMA Penegak dan Pandega. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Pemasangan Atribut Pramuka SMA Penegak dan Pandega"