Pemasangan Bet Pramuka Sd Siaga Putra Dan Putri

Konten [Tampil]

 

Pemasangan Bet Pramuka Sd Siaga Putra Dan Putri

Pemasangan Bet Pramuka Sd Siaga Putra Dan Putri - Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pasang atribut dan bet di seragam pramuka untuk pramuka siaga sd kelas 1 hingga 6.

Berbagai macam tanda pengenal atau bet terkadang disebut juga sebagai atribut harus dipasang di pakaian seragam pramuka siaga putra dan putri.

Atribut pada seragam pramuka siaga tersebut mulai dari tanda tutup topi, tanda pelantikan dan WOSM, garuda, wilayah kwarcab, papan nama, tanda lokasi, gudep. Juga tanda barung dan TKU (Tanda Kecakapan Umum), serta TKK (Tanda Kecakapan Khusus) diletakkan.

Pemasangan atribut pramuka tersebut ada yang sama antara pramuka siaga putri dan putra, namun ada juga tempat pemasangan beberapa atribut yang berbeda. Pemasangan tersebut akan kami bahas dan uraikan masing-masing pada artikel di bawah ini.

Baca juga : Pionering Pramuka : Materi, Pengertian, dan Contoh Gambar

Penjelasan Atribut Pramuka Siaga

Pembahasan selanjutnya ini adalah pemasangan bet atau atribut di seragam pramuka sd siaga untuk putra dan putri, berikut adalah penjelasan pemasangan atribut pramuka siaga :

Bentuk dan pemasangan atribut pada pakaian seragam pramuka siaga putra dan putri adalah sebagai berikut :

  • Tanda Tutup Kepala : Atribut ini berbentuk lingkaran untuk Putri dan jajar genjang untuk Putra dengan warna dasar hijau. Dipasang pada topi pramuka bagian depan.
  • Tanda Pandu Dunia (WOSM) : Memiliki warna dasar ungu. Untuk siaga putri berbentuk lingkaran, di pasang pada kerah baju pramuka sebelah kanan. Sedangkan untuk siaga putra berbentuk persegi, dipasang pada dada (di atas papan nama) sebelah kanan.
  • Tanda Pelantikan : Memiliki warna dasar coklat tua. Untuk atribut siaga putri sd berbentuk lingkaran, di pasang pada kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk siaga putra sd, dipasang pada dada sebelah kiri di bawah lipatan baju pramuka.
  • Papan Nama : Memiliki warna dasar coklat muda. Baik siaga Putra maupun Putri dipasang pada dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia atau (WOSM).
  • Tanda Wilayah Kwarcab : Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik siaga putra atau putri sd dipasang di lengan baju sebelah kanan, yang paling atas.
  • Tanda Gugus depan :  Berisi nomor gugus depan di mana anggota pramuka siaga bergabung. Baik pada putra atau putri, dipasang pada lengan baju sebelah kanan, tepat pada bawah Tanda Wilayah Kwarcab. Untuk anggota siaga putri, nomor gudepnya genap dan untuk putra nomornya ganjil.
  • Lencana / Badge Daerah : Berisi lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tersebut tinggal. Dipasang pada lengan baju pramuka yang sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.
  • Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga : Memiliki bentuk segitiga terbalik. Baik pada siaga putra atau putri sd, dipasang pada lengan baju sebelah kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK pada lengan baju pramuka maksimal 5 buah TKK saja. Jika memiliki TKK lainnya lebih dari 5, selebihnya dipasang pada tetampan atau selempang TKK.
  • Tanda Jabatan : Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya pada dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju pramuka.
  • Tanda Barung : Memiliki bentuk segitiga dengan warna sesuai dengan nama barungnya. baik pada siaga putri atau putra dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kiri paling atas.
  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga : Terdiri dari 3 tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

Selain atribut pramuka siaga sd sebagaimana yang ada di atas, pakaian seragam pramuka juga bisa dipasangi tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan), lencana dan juga atribut pramuka garuda, dan tanda perhargaan lainnya.

Lencana atau tanda pramuka garuda (berbentuk mendali dengan pitanya) dikalungkan pada leher bersama dengan setangan leher pramuka. Tanda pramuka garuda, dan tanda penghargaan (misalnya bintang tahunan) dipakai di dada baju sebelah kiri, di atas lipatan baju.

Sedangkan tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan) dipasang sesuai dengan ketentuan tiska tersebut.

Pemasangan Bet Pramuka Siaga Putra

Pembahasan yang pertama ini adalah gambar dari pemasangan bet di seragam pramuka sd siaga untuk putra, berikut adalah gambar pemasangan atribut pramuka siaga :

Pemasangan Bet Pramuka Siaga Putra

Pemasangan Bet Pramuka Siaga Putri

Pembahasan yang pertama ini adalah gambar dari pemasangan bet di seragam pramuka sd siaga untuk putri, berikut adalah gambar pemasangan bet pramuka siaga sd putri :

Pemasangan Bet Pramuka Siaga Putri

Atribut Pramuka Siaga Putra dan Putri

Pembahasan yang selanjutnya ini adalah gambar dari atribut di seragam pramuka sd siaga untuk putra dan putri, berikut adalah gambar pemasangan bet pramuka siaga :

1. Atribut Pramuka Siaga Putra SD

Berikut adalah gambar pemasangan atribut pramuka siaga putra :

Atribut Pramuka Siaga Putra SD

2. Atribut Pramuka Siaga Putri SD

Berikut adalah gambar pemasangan atribut pramuka siaga putri :

Atribut Pramuka Siaga Putri SD

Pemasangan bet Pramuka sd Jawa Timur

Pembahasan ini adalah gambar dari pemasangan bet di seragam pramuka sd jawa timur untuk, berikut adalah gambar pemasangan bet pramuka sd :

Pemasangan bet Pramuka sd Jawa Timur

Fungsi Pemasangan Bet Pramuka

Pakaian seragam dalam Gerakan Pramuka berfungsi sebagai sarana atau salah satu alat pendidikan untuk para anggota pramuka, untuk meningkatkan citra dari Gerakan Pramuka.

Setiap anggota Gerakan Pramuka, yang menggunakan pakaian seragam dan atribut Gerakan Pramuka bertanggung jawab untuk menunjukkan akhlak yang sesuai dengan Satya dan Darma Pramuka untuk menjunjung tinggi harkat, martabat, dan jiwa korsa sebagai anggota Pramuka siaga.

Tujuan Atribut Pramuka

Bet atau atribut seragam dalam Gerakan Pramuka putra dan putri bertujuan agar para anggota Gerakan Pramuka yang memakainya memiliki jiwa korsa, berdisiplin, patriotis serta rasa kebanggaan.

Berikut ini adalah tujuan pemasangan bet pramuka siaga sd :

  • Menumbuh kembangkan jiwa persatuan dan kesatuan serta jiwa pramuka siaga sd.
  • Meningkatkan sikap disiplin dan rasa tanggung jawab para anggota pramuka siaga.
  • Menanamkan cara untuk hidup sederhana, tertib, indah, bersih, dan sopan.
  • Memupuk rasa kebanggaan pada pramuka.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Pemasangan Bet Pramuka Sd Siaga Putra Dan Putri. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Pemasangan Bet Pramuka Sd Siaga Putra Dan Putri"