Rak Sepatu Pramuka dari Kayu, Bambu, dan Kardus

Konten [Tampil]

 

Rak Sepatu Pramuka dari Kayu, Bambu, dan Kardus

Rak Sepatu Pramuka dari Kayu, Bambu, dan Kardus  - Tahukah Anda bahwa ada cara membuat rak sepatu dari kayu, bambu, dan juga kardus sangat mudah dilakukan? Saat melihat ada banyak sisa bahan tersebut yang tidak lagi digunakan, Anda bisa mengubahnya menjadi rak sepatu untuk menampung semua sepatu Anda yang berserakan.

Dengan menggunakan bahan bekas seperti inilah, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya yang besar untuk tempat penyimpanan sepatu. Baca sampai selesai untuk mengetahui informasi mengenai rak sepatu.

Baca juga : Cara Membuat Pionering Rak Sepatu Pramuka

Cara Membuat Rak Sepatu Pramuka dari Kayu

Rak Sepatu Pramuka dari Kayu

Adapun cara membuat rak sepatu pramuka dari kayu terbagi dalam lima tahapan berikut ini :

1. Mencari Desain Rak Sepatu

Dalam menentukan desain rak sepatu, Anda bisa melihat berbagai model dan desain rak sepatu di internet. Ada rak yang digantung di dinding, ada yang juga rak sepatu susun tanpa ada pintu maupun tutupan, dan ada desain rak sepatu unik yang tidak banyak dimiliki orang lain.

Apapun model desain rak sepatu pramuka yang akan Anda buat, pastikan model tersebut bisa mudah dibuat dengan kayu sisa yang Anda temukan.

Jangan sampai ketika membuat rak sepatu yang sudah bagus, tetapi malah kehabisan bahan kayu. Akan tetapi kalau pun kurang, Anda bisa dengan mudah membeli bahan di tempat material.

2. Siapkan Bahan dan Alat

Membuat rak sepatu pramuka dari kayu berikutnya adalah menyiapkan bahan dan alat. Bahan utama yang harus Anda siapkan pastinya kayu bekas maupun kayu apapun yang ada. Bisa kayu tripleks dan multipleks yang lainnya.

Jenis kayu yang bisa kita gunakan bebas, jadi bisa memakai jenis kayu apa saja yang ada di sekitar rumah. Alat-alat yang nantinya akan membantu adalah gergaji, penggaris siku, meteran, pensil, paku, palu, lem kayu, amplas, cat kayu warna, dan cat pernis.

3. Potong dan Amplas

Ketika desain rak sepatu pramuka sudah dibuat dengan tepat, Anda bisa mulai mengukur kayu tersebut dengan penggaris siku dan meteran agar perhitungan bisa tepat dan tidak miring.

Jangan lupa untuk menandai garis tersebut dengan pensil. Jika semua potongan kayu sudah diukur, saatnya untuk memotong setiap kayu dengan gergaji.  

Selanjutnya ampelas bagian kayu yang kasar saat proses pemotongan dengan gergaji. Amplas semua bagian kayu sampai halus, Agar serat kayu rak sepatu tersebut tidak melukai tangan Anda. 

4. Merakit Rak Sepatu

Susun potongan-potongan kayu rak sepatu pramuka sesuai dengan desain yang Anda buat dan mulai menyambung setiap potongan kayu dengan lem kayu.

Gunakan juga paku agar rak sepatu Anda semakin merekat dengan sangat kuat. Ketika proses merakit sudah selesai, Anda bisa menjemur rak itu di bawah sinar matahari selama satu hari.

5. Penyelesaian

Cara yang terakhir adalah penyelesaian atau finishing. Dari sini, Anda memiliki dua pilihan. Pertama, bisa melakukan amplas sekali lagi pada seluruh bagian kayu rak sepatu pramuka.

Kemudian mengecat kayu dengan cat pewarna dan diakhiri dengan cat pernis. Kedua, Anda juga bisa langsung mengecatnya menggunakan cat pernis.

Fungsi dari cat pernis adalah membuat warna asli maupun natural dari kayu tersebut keluar. Dengan pernis, rak sepatu pramuka juga terlihat lebih berkilau. Manapun yang akan Anda pilih, keduanya tidak ada yang salah. Semua bergantung pada preferensi Anda tentang rak sepatu.

Cara Membuat Rak Sepatu Pramuka Dari Kardus

Rak Sepatu Pramuka Dari Kardus

Kardus yang menumpuk di rumah bisa Anda sulap menjadi rak sepatu pramuka yang unik.

Jika kardus sudah menumpuk lama dan juga berdebu, Anda bisa membersihkan kardus terlebih dahulu sebelum dibentuk menjadi rak sepatu bermanfaat yang terlihat baru dan bersih.

1. Alat-alat yang disiapkan

Selain kardus bekas yang harus bagus dan bersih, beberapa alat berikut juga perlu Anda siapkan dalam membuat rak sepatu pramuka dari kardus :

  • Lem
  • Double tip
  • Lakban
  • Gunting
  • Kertas origami/kertas HVS berwarna/kertas bungkus kado

2. Susunan memanjang

Cara pertama berikut adalah cara membuat rak sepatu yang paling mudah diikuti. Anda cukup menyusun kardus bekas secara memanjang ke atas dan disusun se-kreatif mungkin.

Bungkus kardus-kardus bekas yang terlihat usang dengan kertas berwarna yang sudah disiapkan sebelumnya, sehingga tampilan rak sepatu pramuka bisa lebih sedap dipandang.

3. Bentuk segitiga

Kardus dengan bentuk kotak bisa Anda sulap menjadi bentuk segitiga yang unik sebagai bahan utama rak sepatu baru. Rak sepatu dari kardus bekas berbentuk segitiga ini nantinya bisa menampung satu sepatu.

Cara yang harus dilakukan pertama adalah dengan membentangkan atau membuat kardus kotak menjadi lurus. Selanjutnya bentuk kardus menjadi bentuk segitiga dengan menyatukan setiap ujung kardus memakai lakban.

Susun setiap kardus berbentuk segitiga yang sudah jadi dalam bentuk yang unik sesuai dengan kreatifitas Anda.

4. Menempel pada dinding

Tampilan rak sepatu yang menempel pada dinding dengan susunan memanjang bisa lebih menghemat tempat dan tidak membuat rumah Anda menjadi sempit.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat kardus bekas menjadi bentuk layaknya suatu wadah. Setelah selesai, sekarang rekatkan dengan double tip pada setiap kardusnya untuk selanjutnya ditempel di dinding.

Rak Sepatu Pramuka dari Bambu

Berikut ini adalah gambar – gambar rak sepatu yang terbuat dari bambu :

rak sepatu dari bambu sederhanarak sepatu dari bambu sederhana

rak sepatu dari bambu pramuka
rak sepatu dari bambu pramuka

rak sepatu dari bambu bekas
rak sepatu dari bambu pramuka

model rak sepatu dari bambu
model rak sepatu dari bambu 

contoh rak sepatu dari bambu
contoh rak sepatu dari bambu 

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Rak Sepatu Pramuka dari Kayu, Bambu, dan Kardus. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Rak Sepatu Pramuka dari Kayu, Bambu, dan Kardus"