Membuat Tiang Bendera Pramuka

Konten [Tampil]

Membuat Tiang Bendera Pramuka
 

Membuat Tiang Bendera Pramuka - Cara membuat tiang bendera Pramuka biasanya dilakukan oleh siswa anggota Pramuka dengan menggunakan tongkat Pramuka dan juga tali.

Di dalam pramuka sendiri, kita diajari tentang teknik kepramukaan pionering menggunakan tongkat dan tali temali yang dapat diuraikan menjadi beragam objek. Pelajaran inilah yang sangat bermanfaat untuk membuat Tiang Bendera dari tongkat Pramuka.

Sebenarnya cukup sederhana jika ingin membuat Tiang Bendera bagi anggota Pramuka. Akan tetapi biasanya anak Pramuka lebih memilih untuk memakai cara yang sangat kreatif untuk membuat Tiang Bendera tersebut tampak lebih menarik, salah satunya dengan membuat pionering menara kaki tiga.

Apa itu Pionering?

Bagaimana anggota Pramuka yang memiliki kekreatifan untuk membuat sebuah benda dari tongkat dan tali temali adalah salah satu teknik kepramukaan yang biasa disebut pionering. Ada berbagai macam objek benda yang bisa digunakan, selain Tiang Bendera kaki tiga ada juga pionering Pandu, gapura, jembatan, dan yang lain sebagainya.

Dalam pembuatan objek tersebut para anggota pramuka juga mengenal Apa itu tali temali simpul dan juga ikatan. Jika membuat Tiang Bendera kaki tiga biasanya lebih banyak memakai ikatan simpul pangkal, hal tersebut juga termasuk ilmu dari tekhnik pionering.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan anggota pramuka dengan mempelajari pionering, seperti memupuk rasa kekompakan dengan membuat Tiang Bendera kaki tiga bersama-sama, bisa menerapkan ilmu pada saat-saat yang genting, memproyeksikan ide peserta untuk dapat merancang sebuah objek.

Simpul yang Digunakan Membuat Tiang Bendera Pramuka

Simpul apa saja yang dapat digunakan?. Jika membahas tentang anak-anak anggota Pramuka, maka tidak akan ketinggalan dengan jenis tali-temalinya yang juga sangat banyak, dan setiap jenis tali-temali memiliki manfaat yang berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan anggota pramuka.

Begitupun dengan cara membuat tiang bendera Pramuka, terdapat jenis tali-temali yang bisa kita gunakan, berikut penjelasannya :

1. Simpul Canggah

Jenis simpul yang satu ini sangat membutuhkan pembuatan tempat untuk tiang bendera pramuka. Karena bisa Anda gunakan dalam menyambung masing-masing ujung tongkat untuk dijadikan satu.

Jika Anda memilih untuk menggunakan simpul jenis yang lain juga tidak apa-apa, namun lebih efektif dan sangat cocok jika menggunakan simpul canggah.

2. Simpul Pangkal

Simpul kedua yang harus Anda gunakan adalah simpul pangkal. Simpul ini bisa Anda manfaatkan untuk mengawali atau mengakhiri simpul canggah, setelah itu bisa mengikat tali yang nantinya akan menjadi penopang tiang bendera pramuka.

3. Simpul Jangkar

Simpul terakhir yang harus dikuasai dan Anda gunakan dalam membuat tempat untuk tiang bendera Pramuka adalah simpul jangkar.

Simpul jangkar berfungsi untuk mengikatkan tali penopang ke pasak yang menancap di tanah. Itulah beberapa simpul yang bisa digunakan pada saat kegiatan Pramuka.

Lebih baiknya kalian mengenal berapa jenis simpul agar sewaktu-waktu bisa bermanfaat ketika dibutuhkan dalam kegiatan pramuka.

Cara Membuat Tiang Bendera Pramuka

Membuat Tiang Bendera Pramuka

Sebagai anak Pramuka tentu Anda akan dituntut untuk kreatif dalam menggunakan tongkat dan tali. Begitupun pada saat membuat Tiang Bendera pramuka, disarankan agar dapat berdiri tegak untuk membuat bendera Merah Putih terus berkibar.

Baca juga : Cara Membuat Pionering Tiang Bendera Pramuka

Berikut ini adalah cara membuat tiang bendera pramuka

  • Pertama siapkan tongkat Pramuka sebanyak 8 buah dan juga tambang trimula.
  • Selanjutnya ambil 2 tongkat untuk bagian tiangnya dan ikat kedua tongkat tersebut memakai simpul pangkal, lilitkan tongkat dengan tali sampai kuat.
  • Bagian kedua silahkan ambil 3 tongkat Pramuka dan satu tongkat yang sudah kita buat menjadi Tiang Bendera lalu ikatkan keempat tongkat memakai simpul pangkal.
  • Setelah itu, jika sudah diikat lalu berdirikan hasilnya dan seimbangkan tiang bendera pramuka agar tidak mudah roboh.
  • Selanjutnya ambil 3 tongkat lagi untuk diikat di bagian bawah kaki Tiang Bendera memakai simpul pangkal dan terkuat penggunaan simpul palang tersebut yaitu setelah dipasang bendera merah putih pada bagian atas.
  • Dengan begitu membuat Tiang Bendera kaki tiga pramuka sudah jadi.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Membuat Tiang Bendera Pramuka. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Membuat Tiang Bendera Pramuka"