Cara Membuat Pionering Tiang Bendera Pramuka

Konten [Tampil]

 

Cara Membuat Pionering Tiang Bendera Pramuka

Cara Membuat Pionering Tiang Bendera Pramuka - Cara membuat tiang bendera Pramuka biasanya dilakukan oleh siswa yang mengikuti Pramuka dengan menggunakan tongkat Pramuka dan tali.

Di dalam pramuka, kita akan diajari tentang cara membuat pionering atau teknik kepramukaan menggunakan tongkat dan tali temali yang bisa dibuat menjadi berbagai macam objek.

Pelajaran pionering tersebut sangat bermanfaat untuk membuat Tiang Bendera  pramuka merah putih dari tongkat.

Untuk membuat Tiang Bendera sebenarnya sangat sederhana bagi anak-anak Pramuka. Namun biasanya anak Pramuka lebih memilih untuk membuat dengan cara kreatif, sehingga membuat Tiang Bendera tersebut terlihat lebih menarik, salah satunya dengan membuat Tiang Bendera kaki tiga.

Apa itu Pionering?

Bagaimana anak yang ikut Pramuka memiliki kreasi untuk membuat sebuah benda dari tongkat dan tali temali merupakan salah satu teknik kepramukaan yang biasa disebut dengan pionering.

Ada berbagai macam objek yang bisa dibuat dengan tongkat dan tali, selain Tiang Bendera kaki tiga ada Pandu, gapura, jembatan, dan yang lain sebagainya.

Dalam pembuatan objek dari tongkat tersebut para siswa peserta pramuka juga mengenal Apa itu tali temali simpul dan juga ikatan.

Jika membuat Tiang Bendera kaki tiga biasanya lebih banyak menggunakan ikatan tali simpul pangkal, hal tersebut juga termasuk ilmu dalam hal pionering loh.

Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan pelajaran membuat pionering, seperti menumbuhkan rasa kekompakan. 

Karena membuat Tiang Bendera kaki tiga secara bersama-sama, bisa menerapkan ilmu pada saat genting, memproyeksikan pemikiran peserta untuk dapat merancang sebuah objek.

Baca juga : 4 Cara Membuat Ikatan Tali Pramuka untuk Pionering

Cara Membuat Tiang Bendera Sederhana

Halo teman - teman Anggota Pramuka semua, sekarang kita akan belajar membuat pionering tiang bendera. kali ini tiang bendera dengan dua tongkat ya.

A. Alat Dan Bahan

  • Tongkat Pramuka : 3 Batang
  • Tali Pramuka : 4 Ikat Tali
  • Pasak Besi atau Kayu : 3 Buah    

B. Simpul yang Perlu di kuasai dalam Proses Pembuatan Tiang Bendera.

  • 1. Simpul Canggah

Digunakan untuk menyambungkan masing-masing ujung tongkat pramuka menjadi satu

  • 2. Simpul Pangkal

Digunakan untuk mengawali dan mengakhiri simpul canggah, selanjutnya megikat tali yang nantinya akan memjadi penopang dari tiang bendera.

  • 3. Simpul jangkar

Digunakan untuk mengikatkan tali penopang ke pasak besi atau kayu yang sudah ditancapkan ke tanah.

C. Cara Membuat Pionering Tiang Bendera

  1. Letakkan 3 batang tongkat pramuka secara lurus, selanjutnya ikatlah masing-masing ujung tongkat tersebut menjadi satu dengan menggunakan ikatan simpul canggah.
  2. Setelah 3 tongkat sudah terikat, lalu ikatkan tali yang baru ke tongkat pramuka yang paling bawah, menggunakan ikatan simpul pangkal.
  3. Ukur agar ikatan tersebut tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, kira-kira setinggi pinggang anak-anak anggota pramuka.
  4. Setelah tongkat tersebut terikat kuat, mintalah salah satu temanmu untuk memegang tiang tersebut agar bisa berdiri dengan tegak.
  5. Setelah itu tarik tali yang tadi Anda ikat ke arah tanah dan ukur dimana kira-kira Anda akan menancapkan pasak besi.
  6. Sesuaikan dengan luas lokasi yang ada disekitar, jika lokasi tempat membuat tiang bendera cukup luas maka posisi pasak bisa lebih jauh, namun jika lokasi sempit maka posisi pasak harus menyesuaikan.
  7. Usahakan agar jarak tiang dan ke tiga pasak tersebut harus sama.
  8. Setelah di temukan posisi yang tepat lalu, ikat tali pada pasak menggunakan ikatan simpul jangkar, kenapa simpul jangkar, yaitu agar saat melepas nanti tidak terjadi kesulitan.

Cara Membuat Tiang Bendera Kaki Tiga Pramuka

Sebagai anak Pramuka tentu Anda akan dituntut untuk kreatif dalam menggunakan tongkat dan tali. Begitupun pada saat membuat Tiang Bendera, disarankan agar bisa berdiri dengan tegak untuk membuat bendera Merah Putih tersebut terus berkibar. Nah, bagaimana cara membuat tiang bendera kaki tiga salam pramuka?

  • Pertama yang harus disiapkan adalah tongkat Pramuka sebanyak 8 buah dan tali pramuka.
  • Selanjutnya ambil 2 tongkat untuk bagian tiangnya, lalu ikat kedua tongkat tersebut menggunakan ikatan simpul pangkal, lilitkan tongkat dengan tali hingga kuat.
  • Bagian yang kedua ambil 3 tongkat Pramuka lagi dan satu tongkat nantinya akan kita buat menjadi Tiang Bendera, lalu ikatkan keempat tongkat menggunakan ikatan simpul pangkal.
  • Setelah itu jika sudah diikat Maka berdirikan hasilnya dan seimbangkan tiang bendera agar tidak mudah roboh.
  • Kemudian ambil 3 tongkat lagi untuk diikat pada bagian bawah kaki Tiang Bendera dengan ikatan simpul pangkal dan terkuat penggunaan simpul palang tersebut setelah dipasang bendera merah putih bagian atas.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Font Instagram Iphone, Cara Mengubah Font di Bio Instagram. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Pionering Tiang Bendera Pramuka"