Pasang Atribut Pramuka Sd

Konten [Tampil]

 

Pasang Atribut Pramuka Sd

Pasang Atribut Pramuka Sd - Pemasangan atribut di seragam pramuka SD untuk pramuka siaga. Terdapat beragam atribut harus dipasang pada pakaian seragam pramuka sd.

Atribut untuk pramuka sd siaga tersebut mulai dari tanda tutup topi, pelantikan dan WOSM (pandu dunia), papan nama, tanda lokasi, gudep, serta badge wilayah.

Ada tanda barung dan TKU (Tanda Kecakapan Umum), dan TKK (Tanda Kecakapan Khusus).

Letak pemasangan atribut pramuka SD siaga putri dan putra ada yang sama dan juga ada beberapa atribut yang bentuk dan tempat pasang berbeda.

Pasang atribut pramuka sd tersebut akan kami bahas dan uraikan berikut ini :

Gambar Pasang Atribut Pramuka Sd

Sebelum membahas lebih lanjut, lihat terlebih dahulu gambar pemasangan atribut pada seragam pramuka sd putra dan putri, berikut ini :

Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putri
Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putri

Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putra

Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putra

Tata Cara Pemakaian Atribut Pramuka SD

Bentuk dan pemasangan atribut pada pakaian seragam pramuka SD siaga yaitu berikut ini :

1. Tanda Tutup Kepala

Berbentuk lingkaran untuk putri dan jajar genjang untuk putra dan memiliki warna hijau. Dipasang di topi pramuka pada bagian depan.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Memiliki warna dasar ungu. Putri berbentuk lingkaran dan di letakkan dikerah baju sebelah kanan. Putra berbentuk persegi dan dipasang di atas papan nama dada sebelah kanan.

3. Tanda Pelantikan

Memiliki warna dasar coklat tua. Putri berbentuk lingkaran dan di pasang disebelah kiri kerah baju. Sedangkan putra dipasang di bawah lipatan baju di dada sebelah kiri.

4. Papan Nama

Memiliki warna dasar coklat muda. Putra dan putri dipasang di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM) pada dada sebelah kanan.

5. Tanda Lokasi Kwarcab

Terdapat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) tempat anggota pramuka itu tinggal. Putra dan putri dipasang paling atas pada lengan baju sebelah kanan,.

6. Tanda Gugus depan

Terdapat nomor gugus depan di mana anggota tersebut bergabung. Putra dan putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, di bawah Lokasi Kwarcab. Untuk putri nomor gudep genap dan untuk putra ganjil.

7. Lencana / Badge Daerah

Terdapat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka itu tinggal. Dipasang di bawah Tanda Gudep pada lengan baju pramuka sebelah kanan,.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga

Memiliki bentuk segitiga terbalik. Putra dan putri dipasang pada lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 TKK. Jika memiliki TKK yang lain (lebih dari lima) dipasang di selendang TKK.

9. Tanda Jabatan

Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangan di bawah lipatan baju di dada sebelah kanan.

10. Tanda Barung

Dengan bentuk segitiga dan warna sesuai nama barungnya. Putri dan putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga

Terdiri dari tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Pasang Atribut Pramuka Sd. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Pasang Atribut Pramuka Sd"