Cara Memakai Peralatan Pramuka SD Laki Laki

Konten [Tampil]

 

Cara Memakai Peralatan Pramuka SD Laki Laki

Cara Memakai Peralatan Pramuka SD Laki-laki – Seragam Pramuka merupakan pakaian yang banyak digunakan oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka di Indonesia. Warna dasar dari seragam Pramuka adalah coklat muda dan coklat tua.

Para pejuang Indonesia ketika masa perang kemerdekaan menggunakan warna tersebut, oleh karena itu warna coklat dipilih karena alasan tersebut. Seragam Pramuka berfungsi sebagai sarana pendidikan dan identitas bagi anggota untuk meningkatkan citra pada Gerakan Pramuka.

Sedangkan tujuan penggunaan Seragam Pramuka adalah agar anggota yang mengenakannya bisa memiliki akhlak sesuai dengan Satya dan Darma Pramuka, mempunyai jiwa korsa dan disiplin.

Dalam memakai seragam pramuka, ada juga peralatan yang harus dipakai. Mulai dari perlengkapan seperti topi, setengan leher atau hasduk, dan lainnya. 

Baca juga : Pasang Atribut Pramuka Sd

Cara Memakai Peralatan Pramuka SD Laki-laki

Oleh karena itu bagi anggota pramuka yang belum mengetahui bagaimana cara untuk memakai peralatan pramuka SD khususnya untuk laki - laki, berikut ini caranya :

1. Tanda Tutup Kepala

Berbentuk jajar genjang untuk putra dan memiliki warna dasar hijau dan dipasang di topi pramuka pada bagian depan.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Memiliki warna dasar ungu dan berbentuk persegi, dipasang di atas papan nama dada sebelah kanan.

3. Tanda Pelantikan

Memiliki warna dasar coklat tua dan dipasang di bawah lipatan baju di dada sebelah kiri.

4. Papan Nama

Memiliki warna dasar coklat muda dan dipasang di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM) di dada sebelah kanan.

5. Tanda Lokasi Kwarcab

Terdapat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) tempat anggota pramuka laki - laki itu tinggal dan dipasang paling atas pada lengan baju sebelah kanan,.

6. Tanda Gugus depan

Terdapat nomor gugus depan di mana anggota pramuka itu bergabung. Putra dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat dibawah Lokasi Kwarcab. Nomor gudep putra ganjil.

7. Lencana / Badge Daerah

Terdapat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tersebut tinggal dan dipasang di bawah Tanda Gudep di lengan baju pramuka sebelah kanan,.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga

Memiliki bentuk segitiga terbalik dan dipasang pada lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 TKK. Jika lebih dari lima maka dipasang di selendang TKK.

9. Tanda Jabatan

Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangan di bawah lipatan baju di dada sebelah kanan.

10. Tanda Barung

Dengan bentuk segitiga dan warna sesuai nama barungnya dan dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga

Terdiri dari tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Cara Memakai Peralatan Pramuka SD Laki Laki. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memakai Peralatan Pramuka SD Laki Laki"